Sabtu, 14 Januari 2012

PERCAYA PERAMAL...? NGGAK DEH....!!

Saudaraku terkasih,

Mungkin Anda pernah tergiur untuk mengetahui dan bahkan mempercayai ramalan-ramalan yang saat ini sangat mudah untuk diperoleh. Baik itu horoskop yang ada dimajalah atau surat kabar, bahkan yang ditawarkan dengan cara yang sangat mudah lewat TV atau Hp Anda. Atau ramalan “orang pintar” ??

Wouuu….mungkin mulanya Anda iseng-iseng saja untuk mengetahuinya, tapi percayalah…. Lebih baik Anda hentikan kebiasaan buruk ini. Memang sih nampaknya tidak berbahaya, tapi… sadar tidak sadar pengaruhnya sangat buruk bagi diri pribadi Anda dan juga keluarga.


Saudaraku terkasih,
Saya ingin berbagi sedikit tentang pengalaman pribadi yang sangat buruk berkaitan dengan dunia ramal meramal ini.


Waktu itu saya baru lulus SMA dan pergi ke Yogya untuk menuntut ilmu. Saya sangat berminat untuk menjadi seorang dokter. Namun karena tidak percaya diri (maklum saya kan lulusan SMA dari kota kecil di Kalimantan, yang rasanya sulit bersaing dengan teman-teman lainnya di Jawa), dan juga karena saat itu saya begitu percaya pada ibu kost yang percaya pada orang pintar yang katanya bisa menunjukkan hal-hal baik untuk dia.

Nah…. akhirnya saya, karena meragukan pertolongan Tuhan dan kemampuan saya, bagai kerbau dicocok hidung, pergilah ke orang pintar itu (sekarang saya suka geli kalau ingat kebodohan masa lalu saya, kalau saya pergi keorang pintar, berarti saya ini kan orang yang bodoh sekali !!!), dan kemudian melakukan ritual yang disuruh.

Untung saja waktu itu tidak seperti teman lain yang disuruh semalaman berendam di kolam, wou…. Bukannya beroleh berkat, tetapi kena pilek…  :)

Dan Anda tahu apa yang saya dapat…?  Saya tidak lulus masuk fakultas kedokteran.
Saya nyaris putus asa.

Bersyukur saya punya seorang malaikat pelindung dari surga, yaitu Ayah tercinta. Walau beliau tidak tahu kebodohan saya, tetapi beliau bilang “Tahun ini gagal masuk kedokteran, tak apa…, tahun depan bisa dicoba lagi… Ikut saja kursus-kursus untuk menambah pengetahuan lagi…”.


Saya bercita-cita untuk jadi dokter, tapi Tuhan tunjukkan hal lain yang terbaik buat saya, akhirnya saya pilih jurusan pertanian, dan jadilah saya dengan profesi sekarang ini…  :D

(Yesaya 8:19) Dan apabila orang berkata kepada kamu: "Mintalah petunjuk kepada arwah dan roh-roh peramal yang berbisik-bisik dan komat-kamit," maka jawablah: "Bukankah suatu bangsa patut meminta petunjuk kepada allahnya? Atau haruskah mereka meminta petunjuk kepada orang-orang mati bagi orang-orang hidup?".


Saudaraku terkasih,
Hanya Tuhan yang bisa memberikan hal terbaik untuk kita. Apapun yang terbaik untuk kita, yang terkadang membuat kita terkagum-kagum tidak percaya. Luar biasanya Allah-ku...!!.

(Yeremia 29:11) Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.


Dan saudaraku terkasih,
Waspadalah !!  Banyak orang-orang yang mengaku sebagai peramal pintar seringkali memanfaatkan kepolosan orang-orang yang sedang kebingungan itu untuk menjadi pundi-pundi emasnya, dia terus menguasai orang tersebut dengan ramalan-ramalan masa depan yang katanya manjur, dan disaat yang sama dia minta persyaratan yang terkadang tak masuk akal, sehingga suatu saat si korban baru menyadari dia sudah habis-habisan dikuras. Jasmani dan bahkan rohaninya.


Saudaraku terkasih,
Mungkin saudaraku saat ini tengah sakit yang tak kunjung sembuh atau berbeban berat yang nyaris membuat putus asa. Jangan deh.. pergi ke dukun-dukun atau peramal-peramal ini. Datang saja ke dokter, dan menurut saya sih, dokter yang paling ajaib itu hanyalah Tuhan Yesus.  

(1 Petrus 2:24)  Ia sendiri telah memikul dosa kita di dalam tubuh-Nya di kayu salib, supaya kita, yang telah mati terhadap dosa, hidup untuk kebenaran. Oleh bilur-bilur-Nya kamu telah sembuh.

Dan selalu ingat saudaraku, apa yang dikatakan Firman Tuhan ini, (1 Korintus 10:13)  Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.

Semuanya akan berakhir baik-baik saja kok, bahkan sangat sempurna dan ajaib, asalkan kita sabar dan berserah diri padaNya. Lakukan saja apa yang menjadi tanggung jawab kita, dan yang lainnya adalah bagian Tuhan untuk berkarya. Dan karyanya sangat ajaib, sangat luar biasa.


Saudaraku terkasih,
Dan hati-hati lho, jangan pernah lagi libatkan diri dengan dukun-dukun atau peramal-peramal ini, karena semakin kita terjerat di dalamnya maka kehidupan kita semakin tidak bahagia. Dan Allah itu pecemburu, Dia tak membiarkan anak-anak kecintaanNya larut dalam kebodohan percaya ramalan.


(Ulangan 18:11-13) seorang pemantera, ataupun seorang yang bertanya kepada arwah atau kepada roh peramal atau yang meminta petunjuk kepada orang-orang mati.  Sebab setiap orang yang melakukan hal-hal ini adalah kekejian bagi TUHAN, dan oleh karena kekejian-kekejian inilah TUHAN, Allahmu, menghalau mereka dari hadapanmu. Haruslah engkau hidup dengan tidak bercela di hadapan TUHAN, Allahmu. 

Saudaralu terkasih,
Jangan juga percaya kepada peramal yang bertopeng sebagai seorang pendeta atau orang yang nampaknya saleh dalam hidupnya, karena semua itu hanyalah kesia-siaan belaka. Allah Bapa sorgawi, Tuhan Yesus dan Roh Kudus adalah kekuatan kita.

(Kolose 2:18-19)  Janganlah kamu biarkan kemenanganmu digagalkan oleh orang yang pura-pura merendahkan diri dan beribadah kepada malaikat, serta berkanjang pada penglihatan-penglihatan dan tanpa alasan membesar-besarkan diri oleh pikirannya yang duniawi, sedang ia tidak berpegang teguh kepada Kepala, dari mana seluruh tubuh, yang ditunjang dan diikat menjadi satu oleh urat-urat dan sendi-sendi, menerima pertumbuhan ilahinya.

Saudaraku terkasih,
Saya percaya, kita sebagai umat pilihan yang percaya Yesus Kristus sebagai Juru Selamat tidak akan pernah mau kehidupan kita dilumpuhkan dan tak berdaya dibawah cengkeraman para peramal. Teruslah semangat, berjuang untuk masa depan yang bahagia bersama keluarga dan Allah Bapa Sorgawi, Tuhan Yesus dan Roh Kudus.

(Ibrani 12:1,2) Karena kita mempunyai banyak saksi, bagaikan awan yang mengelilingi kita, marilah kita menanggalkan semua beban dan dosa yang begitu merintangi kita, dan berlomba dengan tekun dalam perlombaan yang diwajibkan bagi kita. Marilah kita melakukannya dengan mata yang tertuju kepada Yesus, yang memimpin kita dalam iman, dan yang membawa iman kita itu kepada kesempurnaan, yang dengan mengabaikan kehinaan tekun memikul salib ganti sukacita yang disediakan bagi Dia, yang sekarang duduk di sebelah kanan takhta Allah.

----------------------------------------------

LORD JESUS bless you and me, now and forever. Amen.

Sumber: Renungan sore Lisa Fransisca

Tidak ada komentar:

Posting Komentar